Warga Bintaro Antusias Jalani Tes Usap Antigen

Progresifjaya.id, JAKARTA – Pemerintah Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang menggelar tes usap antigen massal mendapat respon baik dari warga Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Camat Pesanggrahan, Muh Fadjar Kurniawan, mengatakan, warga cukup antusias untuk melakukan tes usap antigen massal yang digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek, Jalan Garuda Bawah, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kamis ( 10/6).

Menurutnya, kunci keberhasilan penanganan COVID-19 adalah kebersamaan. Antusiasme warga jalani tes, jelasnya, sebagai bukti adanya kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk bersama melawan virus covid dengan melakukan tes usap antigen dan menghentikan penyebaran COVID 19.

Pihaknya, mencatat sebanyak  150 warga  diantaranya baru balik ke Jakarta usai melakukan perjalanan luar kota  ( Pemudik)  menjalini proses tahapan untuk dilakukan tes usap antigen yang dilakukan tenaga kesehatan ( Nakes).

Diungkapkan dia, dari ratusan peserta tes usap antigen satu orang terindikasi positif yang merupakan warga Ciputat yang kebetulan bekerja di kawasan Bintaro.

Selanjutnya, petugas medis setelah mendata warga  positp tersebut untuk menjalani isolasi mandiri dan ditindaklanjuti Puskesmas Pesanggrahan termasuk akan dilakukan pelacakan kontak erat.

Ditegaskan Fajar, jik ada reaktif langsung dirujuk atau isolasi mandiri. ” Kalau ada gejala rujuk ke Wisma Atlet,” katanya.

Bersyukur
Warga Bintaro khususnya yang baru pulang melakukan perjalanan luar kota ( mudik) merasa bersyukur dan berterimakasih, atas tersekenggaranya tes usap antigen tanpa bayar atau gratis.

Seperti diungkapkan Heri, warga  RT 08/RW 15, Bintaro dekat  RPTRA Anggrek, kesempatan tes usap antigen tidak disia-disiakannya apalagi dirinya dan keluarga baru balik mudi dari Jawa Tengah. ” Saya juga ingin memastikan, apa positif reaktif apa tidak, ” ungkapnya.

Dirinya bersyukur, dari hasil tes yang dijalani dirinya negatif berati tidak terindikasi positif virus COVID 19. Kendati demikian, akunya, akan tetap berjaga  menjalani protokol kesehatan dengan melaksanakan tiga M ( menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun).

Kerja Bareng
Pelaksanaan tes usap antigen tersebut diadakan atas kerja sama Kelurahan Bintaro, RPTRA Anggrek dan DPD Golkar Jakarta Selatan.

Fadjar mengapresiasi upaya bersama dengan komunitas, organisasi kemasyarakatan hingga organisasi politik yang ikut menyelenggarakan tes usap untuk antisipasi penyebaran COVID-19.

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan,  kegiatan tes usap antigen dalam rangka membantu pemerintah menekan lonjakan kasus COVID-19.

Mengingat, jelasnya, sekarang kasusnya merambat naik dan mengajak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, kegiatan tersebut dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 melalui tes usap antigen yang juga  dan kini terus digencarkan baik dari pemerintah, TNI/Polri, swasta hingga komunitas dan organisasi kemasyarakatan.

Penulis : M. Maruf. R

Bagikan Berita Ini: