Jasa Marga Prediksi Puncak Mudik Libur Panjang 28 Oktober

progresifjaya.id, JAKARTA – Coorporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru memprediksi puncak mudik libur panjang atau cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 Hijriah terjadi pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Heru mengimbau masyarakat yang akan mudik menghindari waktu perjalanan saat puncak volume lalu-lintas terjadi.

“Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada Minggu 1 November 2020,” katanya, Senin, 26 Oktober 2020.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Jasa Marga menyetop sementara proyek konstruksi jalan selama libur cuti bersama.

Jasa Marga melakukan pelebaran jalan di KM 48 atau titik pertemuan ruas Jalan Tol Jakarta – Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated.

“Kami telah melakukan pelebaran lajur dua sisi,” tutur Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra.

Perseroan memprediksi lalu-lintas keluar Jakarta selama empat hari periode libur Maulid Nabi, yakni 27 hingga 30 Oktober 2020 akan naik 21,77 persen ketimbang hari-hari normal.

Distribusi kendaraan mayoritas meninggalkan Jakarta ke arah timur menuju Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi, yakni mencapai 48,17 persen dari keseluruhan volume.

Sedangkan 28,32 persen kendaraan menuju barat ke arah Banten atau Merak. Kemudian, 23,51 persen sisanya akan bergerak ke arah selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor, Puncak, atau Ciawi.

Di samping menyetop pekerjaan jalan untuk sementara waktu, Jasa Marga telah menyiapkan petugas 24 jam yang akan bersiaga di area pemeliharaan rutin Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Petugas akan bersiap di area pembersihan saluran untuk mengantisipasi adanya genangan air bila terjadi hujan.

“Kami juga melakukan sejumlah upaya peningkatan pelayanan operasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti di layanan lalu-lintas, transaksi, maupun konstruksi,” ucapnya.

Dari sisi transaksi, Jasa Marga akan mengoptimalkan layanan mobile reader di gerbang-gerbang tol utama untuk mencegah adanya antrean kendaraan.

Operator juga menyiapkan gerbang tol sementara di KM 149 Gedebage Jalan Tol Padalarang-Cileunyi untuk mencegah kepadatan kendaraan saat keluar Cileunyi.

Editor: Asep Sofyan Af

Bagikan Berita Ini: