Heboh, Gerai McD Diserbu Pemesan BTS Meal: Bisa Sebarkan Covid 19 Cluster Baru

progresifjaya.id, JAKARTA – Heboh, BTS Meal, penganan ala Korea Selatan (Korsel) yang diproduksi McDonalds (McD) diserbu masyarakat saat lauching hari Rabu (9/6). Hampir semua gerai McD di seluruh Indonesia membludak dipenuhi pengunjung yang memesan makanan kolaborasi Korsel dan Amerika itu.

Akibatnya, terjadi kerumunan yang menghawatirkan akan menimbulkan cluster baru penularan covid 19. Oleh karenanya di Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Solo, Tangerang, Bogor, Depok dan di kota-kota lain di Indonesia banyak gerai usaha kuliner asal AS itu yang sengaja tutup atau ditutup aparat keamanan setempat guna mengantisipasi serbuan pengunjung.

Di DKI Jakarta saja ada sekitar 5 gerai McD yang ditutup Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat. Penutupan itu guna mencegah kerumunan yang sebabkan tingginya animo masyarakat memesan promo BTS Meal.

“Ya ada yang kita segel. Ada lima,” kata Kasatpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan.

BTS Meal adalah menu makanan kolaborasi antara McDonald’s dan Boyband BTS asal Korea Selatan. Penganan itu terdiri dari sembilan buah Chicken Mc Nugget, French Fries, Saus Sweet Chilli, Saus Cajun, dan Medium Drink.

Saus cajun dan sweet chilli disebutkan sebagai saus favorit para anggota Boyband BTS yang digandrungi remaja dan orang muda di Indonesia. Kedua saus ini tidak pernah dijual di McDonalds Indonesia sebelumnya. Pembeli juga tidak bisa membeli saus secara terpisah, harus dalam menu BTS Meal.

Mengenai Saus cajun, ternyata bukan berasal dari Korea, melainkan berasal dari Lousiana Amerika. Saus ini rasanya identik dengan pedas menyengat namun aromanya wangi.

Kata cajun sendiri adalah asal nama dari etnik masyarakat Amerika Selatan yang berasal dari Acadia.

Saus Cajun terbuat dari minyak kedelai, cuka, bawang bombay, kuning telur, mustard, madu, ekstrak paprika, dan bumbu lainnya menjadikan rasa sausnya menjadi unik. Sementara saus sweet chilli sauce mengandung sirup gkukosa, cabai merah, cuka, pasta tonat, bawang putih dan ekstrak paprika yang bikin rasanya pedas manis.

Saat resmi diluncurkan di Indonesia pada Rabu (9/6) kehebohan terjadi. Gerai-gerai McD dimanapun dipenuhi sejak pagi hingga siang hari. Ramainya antrean pengunjung dan driver ojek online, menyebabkan terjadi kerumunan di sekitar gerai tersebut.

Atas hal itu, manajemen banyak yang menutup gerainya sementara dengan menyetop pesanan BTS Meal. Banyak juga penutupan gerai dilakukan aparat keamanan setempat demi mencegah kerumunan yang lebih masif.

Di media sosial pun kehebohan BTS Meal viral diperbincangkan netizen. Foto dan video pun beredar memperlihatkan antrean yang mengular. Tampak antrian didominasi oleh driver ojek online yang akan membeli pesanan costumer, karena pihak McD tidak menerima makan dan pesan di tempat, kecuali pesan dengan mobil drive thru. Semua dilayani hanya melalui delevery order, termasuk dengan pesan via ojek online.

Menanggapi membludaknya gerai-gerai McD itu, Associate Director McDonald’s Indonesia Sutji Lantika mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi terjadinya kerumunan yang mungkin ditimbulkan oleh tingginya antusiasme terhadap BTS Meal.

“Kami sudah mengantisipasi kerumunan dengan tidak membuka pemesanan lewat Dine-In atau Take Away, dan hanya bisa delivery dan drive thru,” kata Sutji, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/6)

Akan tetapi, langkah tersebut rupanya masih belum berhasil membendung lonjakan pesanan, yang sebagian besar dilakukan melalui layanan ojek online.

Oleh karena itu, Sutji mengatakan, pihak McD Indonesia kini menerapkan sistem buka-tutup pemesanan. Tidak hanya itu, McD juga mengingatkan bahwa promo BTS Meal tidak hanya tersedia untuk hari ini saja.

“Sekarang juga kami memberlakukan buka tutup untuk pemesanan, dan mengingatkan kembali kepada customer kalau promo ini bukan untuk hari ini saja,” kata Sutji.

Membludaknya pesanan BTS Meal di McD tidak saja banyaknya penggemar Boyband BTS asal Korsel di Indonesia, tapi juga harga promo yang diberikan pihak McD cukup murah yakni Rp45 ribu per-paket. Padahal harga normalnya bisa lebih dari Rp100 ribu.

Memang Boyband BTS sangat digandrungi para remaja dan anak-anak muda di Indonesia. Makanya setiap ada hal-hal atau barang-barang yang berkaitan dengan BTS selalu ramai diserbu penggemarnya.

Rupanya McD jeli dengan kondisi ini, sehingga mereka menciptakan makanan yang paling disukai band anak-anak muda Korsel itu. Dan ternyata berhasil menyedot ribuan penggemar BTS untuk memcoba makanan favorit boyband yang digandrunginya tersebut.

Editor: Isa Gautama

Bagikan Berita Ini: