Hakim Agung Andi Samsan Terpilih Jadi Wakil Mahkamah Agung Bidang Yudisial

progresifjaya.id, JAKARTA – Sah terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang Yudisial, DR. Andi Samsan Nganro,SH, MH, berjanji akan membantu Ketua MA dan melaksanakan kebijakan MA untuk lembaga peradilan di Republik Indonesia ini.

Andi Samsan yang kini juga menjabat sebagai Ketua Muda MA Bidang Pengawasan tersebut  menyatakan kalau hasil pemilihan tersebut merupakan amanah yang sangat besar untuknya.

“Insyaallah dengan kerjasama yang baik dari para Yang Mulia kami akan melaksanakan tugas yang bapak – bapak amanatkan pada kami,” katanya usai Ketua MA Muhammad Syarifuddin mengumumkan dirinya terpilihnya sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial.

Andi menambahkan, selaku Wakil Ketua MA Bidang Yudisial yang terpilih tentunya dirinya siap membantu Bapak Ketua MA. Selain itu juga membantu para pimpinan MA beserta para Yang Mulia Hakim Agung, untuk menjalankan kebijakan MA untuk lembaga peradilan kita.

Mantan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Ketua PN Cibinong itu terpilih sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial ini setelah mengalahkan pesaingnya Zahrul Rabain dan Amran Suadi dalam sidang paripurna khusus yang diselenggarakan di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Proses pemilihan yang demokrasi itu mewarnai sesi pemilihan putaran kedua dimana Andi mendulang 20 suara, sementara Zahrul menerima 17 suara dan Amran tiga suara. Secara total, voting yang terkumpul berjumlah 42 suara dengan satu suara tidak sah dan satu lainnya abstain.

“Andi Samsan Nganro telah mendapatkan 20 suara terbanyak pada putaran kedua. Berdasarkan lampiran keputusan Ketua MA 9/KMA/SK/I/2021 tentang Tata Tertib Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, maka dengan demikian Yang Mulia Dr. H. Andi Samsan Nangro, SH, MH, ditetapkan sebagai wakil ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Terpilih,” ucap Ketua MA.

Proses pemilihan Wakil Ketua MA bidang Yudisial tersebut dilaksanakan dua kali putaran. Pada putaran pertama terdapat lima Hakim Agung yang bersedia mencalonkan diri. Pada putaran pertama ini Andi Samsan Nganro  memperoleh 12 suara. Sementara Amran Suadi delapan suara, Zahrul Rabain delapan suara, Suhadi memperoleh tujuh suara dan Irfan Fachruddin empat suara.

“Karena tidak ada calon yang mendapatkan suara sebanyak 50% ditambah satu suara yang sah, maka calon wakil ketua MA bidang Yudisial yang maju pada putaran kedua adalah Andi Samsan Nganro, Zahrul Rabain, dan Amran Suadi,” pungkas Ketua MA.

Andi Samsan yang mulai karirnya sebagai hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara ini pernah menjabat Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong, Kaltim semakin dirasa sangat akrab dengan kalangan wartawan.

Penulis: Arfandi Tanjung

Bagikan Berita Ini: