Ahmad Dhani & Iwan Fals Anggap Keputusan Jokowi Angkat Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom Keputusan Tepat

progresifjaya.id, JAKARTA Abdi Negara Nurdin diangkat sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Hal itu berlandaskan pada hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Telkom pada Jumat (28/5/2021) lalu.

Abdi Negara Nurdin selama ini lebih dikenal sebagai seorang gitaris band Slank. Ia pun lebih kerap disebut dengan nama panggilan Abdee Slank.

Menurut Ahmad Dhani, dari semua keputusan yang pernah diambil Presiden Jokowi,
menjadikan Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom adalah keputusan tepat.

“Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom adalah keputusan yang paling tepat,” kata Ahmad Dhani, akhir pekan (29/5/2021) kemarin.

Pentolan Band Dewa 19 itu yakin Abdee Slank bahkan sudah disiapkan Presiden Joko Widodo sebagai salah satu menterinya.

“Abdee Slank sudah disiapkan Presiden Jokowi jadi menteri mengingat hampir 7 tahun setia mengabdi dan memang kompeten,” kata Ahmad Dhani.

Setahu Ahmad Dhani, Abdee Slank juga dikenalnya baik, jujur dan sederhana.

“Kepercayaan Presiden Jokowi pada musisi patut diapreasi,” ujar Ahmad Dhani.

Seingat Ahmad Dhani, presiden terakhir yang menjadikan seorang pelukis atau seniman menjadi Gubernur DKI adalah Presiden Soekarno.

Saat itu Heng Ngantung menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Sejak itu hampir tidak ada Seniman yang diberi kepercayaan menjadi seorang birokrat oleh Presiden Indonesia,” ucap Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani berharap, Abdee Slank bisa memperjuangkan nasib para musisi yang sekarang ini semakin terpuruk.

Terpisah, musisi legendaris Iwan Fals juga memberikan tanggapan atas pengangkatan Abdee Slank.  “Wuiiih mantap Abdi, semakin gondrong semakin rock n roll, sehat dan bahagia. Semoga Amanah,” tulis Iwan Fals.

Tugas Komisaris

Lalu sebenarnya, apa tugas Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom? Tugas Abdee Slank sebagai Komisaris sebenarnya telah tetruang dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Di dalam Pasal 1 beleid tersebut dijelaskan, Dewan Komisaris adalah organ perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada direksi. Pasal 108 aturan tersebut pun lebih merinci mengenai tugas dari anggota dewan komisaris, yakni melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai perseroan mauapun usaha perseroan dan memberi nasihat kepada direksi.

Pengawasan dan peberian nasihat tersebut dilakukan untuk kepentingan perusahaan dan sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan. Pengangkatan Abdee Slank sebagai komisaris bersamaan dengan ditunjuknya mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Telkom. Selain Abdee, hasil RUPS Tahunan juga mengangkat Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga sebagai Komisaris Telkom.

Abdee Slank selain menjabat sebagai Komisaris Telkom juga tercatat menduduki jabatan di beberapa perusahaan. Sebut saja jabatan Komisaris PT Sugih Reksa Indotama sejak tahun 2020 dan Komisaris PT Negara Sains Ekosistem sejak tahun 2021. Abdee juga tercatat sebagai Co-Founder dan Founder di PT Hijau Multi Kreatif, Maleo Music, dan Give.ID.

Pendukung Jokowi

Abdee dan personel Slank lainnya diketahui beberapa kali tampil pada saat Presiden Joko Widodo kampanye pada pemilihan presiden. Bahkan, Jokowi sendiri pernah berkunjung langsung ke Potlot yang merupakan markas Slank pada kampanye Pilpres 2014 lalu.

Meski tak secara resmi tercatat dalam barisan organisasi relawan, ia secara tegas menyatakan dukungannya untuk Jokowi. Selain itu, Abdee juga diketahui pernah bertemu Jokowi di Kantor Tim Pemenangan Jokowi-JK di Jalan Subang, Menteng, Jakarta Pusat. Abdee merupakan salah satu inisator Konser Akbar Salam 2 Jari yang diadakan di Gelora Bung Karno Jakarta, pada 5 Juli 2014 silan.

Konser tersebut merupakan bagian dari ajang pengumpulan massa pendukung Jokowi yang saat itu belum melepaskan jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Abdee Slank tak sendiri. Beberapa personil Slank juga ikut terlibat antara lain Bimbim, Kaka, dan Ivanka. Beberapa musisi lainnya di konser tersebut antara lain Erwin Gutawa, Sandhy Sondoro, dan Giring Nidji.

Kala itu Abdee percaya bahwa Jokowi merupakan figur yang akan membawa perubahan untuk Indonesia menjadi lebih baik, jika kelak mereka terpilih untuk memimpin negeri ini selama 2014-2019.
“Mereka figur baru yang memiliki approach untuk membawa perubahan ya,” kata Abdee kepada Kompas.com dilansir progresifjaya.id, kala itu.

Lalu pada Pilpres 2019, Abdee Slank juga kembali turun gunung untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia kembali secara tegas menyatakan dukungan yang kedua kalinya untuk Jokowi. Ia ikut meramaikan konser “Konser Putih Bersatu Menuju Kemenangan Indonesia Maju Bersama Gerakan #BarengJokowi” pada 13 April 2019.

Editor: Hendy

Bagikan Berita Ini: